Selasa, 06 Januari 2009

BEDA ANAK SEKARANG DENGAN JAMANKU DULU

Wah lama juga ya sejak entri yang pertama..
terakhir ngentri bulan Oktober 2008
sekarang sudah awal Januari 2009
jadi kurang lebih 3 bulan my sweet blog nganggur
Gak sesuai janji ya, yang katanya mau nulis apa saja
Janji memang mudah diucapkan tapi sulit direalisasikan :)
Ok lets begin..

Membaca tulisan mbak Dewi Utama Faizah yang bekerja pada Direktorat Pendidikan TK dan SD Ditjen Dikdasmen, Depdiknas dan Program Director Untuk Institut PengembanganPendidikanKarakter divisi dari Indonesia Heritage Foundation yang berjudul Anak - AnakKarbitan dimanadisitu disebutkan lembaga pendidikan di Indonesia sekarang lebih banyakporsi kognitif padaotak kanan dibandingkan pada otak kiri dengan perbandingan 90:10. Sehingga tidak seimbang. Anak-anak sekarang memang lebih sibuk daripada jaman akusekolah dulu. Bayangin aja , temen yang masih PG udah dikasih PR sampai-sampai doi mencak-mencak. Belum lagi usia segitu udah dikasih macem-macem pelajaran mulai dari bahasa Inggris, membaca, menulis, dll, dll. Cape deh...Ada lagi model sekolah full day school dimanasiswanya berangkat jam 7 pagi sampe jam 4 sore. Wuih kasihan banget. Emang sih dari segiakademik si anak pinter, tapi dia jadi kehilangan masa bermain bersenang-senang denganteman-temannya di rumah. Soalnya ya itu tadi mau main sudah capek. Lha wong aku saja yang "nyangkul' dari jam 7.30 s.d 17.00 saja malemnya ngantuk berat apalagi anak kecil. Sehingga yang terjadi secara kognitif bagus tapi secara emosional si anak jadi terganggu. Anak yang dididik model kayak gini cepet masak cepat pula layunya.
Sebagai contoh banyak anak yang masa kecilnya briliant tapi saat dewasa gak ada kabarnya lagi. Malah yang masa kecilnya biasa-biasa saja atau malah boleh dibilang agak lemot ee gedhenya malah bisa membuat perubahan yang sangat penting bagi umat manusia di dunia kayak mas Einstein dan Edison.
Membandingkan anak sekolah sekarang dengan jaman aku sekolah dulu memang jauh banget deh bedanya. Kalo sekarang anak PG aja sudah bisa berbahasa Inggris, jaman aku SMP kelas I aja baru diajari This as This is What is this what is that. Anak sekarang masih kecil dah bisa internetan. Jaman aku kuliah aja bikin paper masih pake mesin ketik. Hehe nemen ya..
Tapi yaitu tadi dari kepandaian memang bolehlah tapi dari segi kebahagian jelas unggul aku dan temen-temen seusiaku. Kenapa? Ya karena dulu sekolah sama main itu boleh dibilang 50:50. Jadi waktu belajar ya belajar waktunya main ya main. Dulu inget masuk sekolah SD jam 7 pulang paling siang jam 1. Jadi sorenya kira-kira jam 3-6 kita bisa main sepuas-puasnya. Lha kalo anak sekarang mainannya serba elektronik semuanya mulai PS, PSP, game komputer dll dan jarang melibatkan temen2nya. Beda dengan mainanku waktu dulu yang buanyak dan rata-rata mesti beramai-ramai. Nah jenisnya apa saja?
Tunggu postingan selanjutnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar